Ada 11 Hal Yang Dapat pori-pori Kita Tersumbat

Wajah berjerawat, tak ada satu orang pun yang menginginkannya. Tapi, lingkungan dan kebiasaan sehari-hari, tanpa sadar dapat merusak kulit wajah dan meningkatkan risiko munculnya jerawat.

Perhatikan 11 hal berikut yang membuat wajah Anda menjadi tidak bersih dan hindari demi kulit yang sehat dan bebas jerawat.

1. Telepon Seluler Anda

Ponsel Anda mungkin sudah terkontaminasi berbagai hal, mungkin termasuk remah-remah makanan di dalam tas. Lalu, ponsel itu bersentuhan dengan kulit pipi dan rahang Anda.

Pastikan untuk membersihkan ponsel dengan bahan antibakteri setiap hari untuk menghilangkan kuman dan debu yang melekat padanya.

2. Sarung Bantal Anda

Cuci seminggu sekali. Tidak ada pengecualian. Sisa make-up ataupun debu yang menempel di wajah dan rambut bisa dengan mudah menempel pada sarung bantal dan menumpuk bakteri. Kemudian akan kembali “menyerang” wajah Anda.

3. Tangan Anda

Kebiasaan menopang dagu mungkin termasuk kebiasaan yang sukar hilang. Tapi bagaimanapun sulitnya, jauhkan tangan Anda yang mungkin kotor karena telah memegang banyak benda dari wajah, sebelum Anda mencuci tangan bersih-bersih.

4. Makanan Berminyak

Makanan berminyak seperti kentang goreng misalnya, diduga bisa menyebabkan jerawat terutama di sepanjang garis bibir Anda yang terkena minyak. Ini disebut jerawat topikal.

Gunakan makanan lain untuk mencegahnya, misalnya peterseli yang berfungsi sebagai pembersih dan penyegar alami. Rebus air sampai mendidih lalu masukkan seikat peterseli ke dalamnya sampai air mendingin. Kemudian, celupkan kain bersih ke dalam air itu dan letakkan di wajah Anda selama 10-15 menit.

5. Asap

Wanita di daerah perkotaan tak perlu lagi diingatkan bahwa polusi membuat kulit menjadi tidak sehat dan berjerawat. Tapi, Anda bisa menggunakan bahan arang untuk memerangi efek itu. Pilih produk perawatan yang mengandung arang, karena sifatnya yang mengekstraksi racun.

6. Kulit Mati

Kulit mati dapat menyumbat pori yang selanjutnya akan menyebabkan munculnya jerawat. Exfoliating atau pengelupasan kulit, itulah yang perlu Anda lakukan untuk menyingkirkan sel kulit mati. Anda harus melakukannya dengan teratur dan berinvestasi pada produk pengelupasan kulit.

7. Make-up

Anda perlu menghapusnya sebelum tidur. Bersihkan dua kali: Pertama, untuk membersihkan kulit dari make-up, gunakan pembersih yang lembut dan yang kedua untuk menyempurnakan pembersihan dan menyegarkan kulit menggunakan toner atau air mineral.

8. Make-up tahan air

Make-up tahan air seperti alas bedak yang tahan sepanjang hari memang memermudah kita, karena tak harus mengulang ritual merias wajah. Tapi, produk tersebut biasanya sarat dengan minyak, dan Anda tahu akibatnya.

Gunakan scrub untuk membersihkan wajah setelah Anda menggunakan makeup jenis tahan air.

9. Krim Malam

Selama udara panas, kulit akan memroduksi keringat dan minyak lebih banyak dibanding ketika cuaca sedang dingin. Penggunaan krim malam dapat menambah kadar minyak di wajah.

Namun, Anda tetap bisa menggunakan krim malam pada area mata, karena area itu yang paling mudah mengalami penuaan dini, tapi lewatkan area dahi, pipi dan dagu sampai udara lebih mendiingin.

10. Keringat

Ketika sedang beraktivitas fisik yang membuat Anda mengeluarkan keringat, pastikan wajah Anda bersih dari apapun, termasuk makeup dan alas bedak. Ini supaya keringat bebas keluar melalui pori-pori dan mudah dibersihkan sesudahnya.

11. Hormon Anda

Sekali sebulan, wanita kehilangan kontrol atas fluktuasi hormonnya, yaitu menjelang menstruasi. Di saat-saat itu, gunakan make-up yang ringan saja supaya kulit wajah tetap bisa bernapas lega dan menghindari penumpukan minyak bercampur make-up yang berpotensi menyumbat pori dan membuat risiko wajah berjerawat meningkat.

0 Response to "Ada 11 Hal Yang Dapat pori-pori Kita Tersumbat"

Posting Komentar